



![]() |
![]() |
![]() |





![]() |
![]() |





![]() |
![]() |
||
PENGERTIAN
KONSERVASI (MENURUT BEBERAPA AHLI)
LARSEN
(1994)
KONSERVASI ADALAH SUATU TINDAKAN UNTUK MEMELIHARA SEBANYAK MUNGKIN SECARA UTUH SUATU BANGUNAN BERSEJARAH YANG ADA MELALUI CARA PERBAIKAN TRADISIONAL
ATAU MODERN
MARQUIS-KYLE
&WALKER. (1996)
KONSERVASI ADALAH UPAYA UNTUK MENGEFISIENKAN PENGGUNAAN DAN MENGATUR
ARAH PERKEMBANGAN DI MASA YANG AKAN
DATANG DARI SUATU BANGUNAN
ASWORTH, (1991)
KONSERVASI ADALAH
MANAJEMEN PERUBAHAN FUNGSI DAN BENTUK
DARI
SUATU BANGUNAN
THE BURRA CHARTER
FOR THE CONSERVATION OF PLACE
OF CULTURAL
SIGNIFICANCE (1981)
KONSERVASI ADALAH SEGENAP
PROSES PENGELOLAAN SUATU TEMPAT AGAR MAKNA KULTURAL YANG DIKANDUNGNYA TERPELIHARA DENGAN BAIK.
PEMELIHARAAN MELIPUTI ASPEK YANG SANGAT LUAS YANG DISESUAIKAN DENGAN SITUASI DAN
KONDISI SETEMPAT
LARKHAM PETER J
(1996)
KONSERVASI ADALAH SUATU BENTUK USAHA UNTUK MEMIKIRKAN, MELESTARIKAN, MELINDUNGI DAN MEMANFAATKAN SUMBER DAYA SUATU
TEMPAT, SEHINGGA MAKNA DARI TEMPAT TERSEBUT DAPAT DIPERTAHANKAN
PIAGAM
PELESTARIAN PUSAKA INDONESIA (2003)
KONSERVASI ADALAH :
UPAYA PENGELOLAAN PUSAKA
MELALUI KEGIATAN PENELITIAN,
PERLINDUNGAN, PEMELIHARAAN, PEMANFAATAN DAN/ATAU PENGEMBANGAN SECARA SELEKTIF UNTUK
MENJAGA KESINAMBUNGAN, KESERASIAN, DAN DAYA DUKUNGNYA
DALAM MENJAWAB DINAMIKA JAMAN
UNTUK MEMBANGUN KEHIDUPAN BANGSA YANG LEBIH BERKUALITAS.
KONSERVASI ADALAH :
SEMUA PROSES PEMBANGUNAN DAN
PENGEMBANGAN YANG TERENCANA DENGAN BAIK YANG MELIBATKAN MASYARAKAT SECARA AKTIF
DALAM SUATU PROSES PARTISIPATIF UNTUK MEMELIHARA WARISAN BUDAYA, ALAM DAN
SAUJANA SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA MAKNA ATAU NILAI YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA
YANG MELIPUTI SEMUA ASPEK, ANTARA LAIN BERUPA NILAI KEINDAHAN, SEJARAH,
KEILMUAN, EKONOMI ATAU NILAI SOSIAL YANG DIPERSEMBAHKAN UNTUK GENERASI LAMPAU,
MASA KINI DAN MASA MENDATANG AKAN DAPAT TERPELIHARA DENGAN BAIK
DENGAN ADANYA
PENGERTIAN KONSERVASI SEPERTI TERSEBUT
DI
ATAS, MAKA :
PUSAKA YANG KITA TERIMA DARI GENERASI-GENERASI SEBELUMNYA SANGAT PENTING
SEBAGAI LANDASAN DAN MODAL AWAL BAGI
PEMBANGUNAN MASYARAKAT INDONESIA
DI MASA DEPAN, KARENA ITU HARUS
DITERUSKAN KEPADA GENERASI BERIKUTNYA DALAM KEADAAN BAIK, TIDAK
BERKURANG NILAINYA, BAHKAN JIKA
MUNGKIN DITINGKATKAN, UNTUK
MEMBENTUK PUSAKA MASA DATANG.
PENGERTIAN
PELESTARIAN (KONSERVASI)
CAGAR BUDAYA
UU CAGAR BUDAYA NO 11 TAHUN 2010
ADALAH UPAYA
DINAMIS UNTUK MEMPERTAHANKAN KEBERADAAN CAGAR BUDAYA DAN NILAINYA DENGAN CARA :
1.
MELINDUNGI
2.
MENGEMBANGKAN
3.
MEMANFAATKANNYA
PERLINDUNGAN
ADALAH UPAYA UNTUK MENCEGAH DAN MENANGGULANGI DARI KERUSAKAN,
KEHANCURAN ATAU KEMUSNAHAN DENGAN
CARA :
1.
PENYELAMATAN
2.
PENGAMANAN
3.
ZONASI
4.
PEMELIHARAAN
5.
PEMUGARAN CAGAR BUDAYA
PENYELAMATAN
:
ADALAH UPAYA MENGHINDARKAN DAN/ATAU MENANGGULANGI CAGAR BUDAYA DARI KERUSAKAN, KEHANCURAN, ATAU KEMUSNAHAN
PENGAMATAN :
ADALAH UPAYA MENJAGADAN MENCEGAH CAGAR BUDAYA DARI ANCAMAN DAN/ATAU GANGGUAN
ZONASI :
ADALAH PENENTUAN BATAS BATAS KERUANGAN SITUS CAGAR BUDAYA DAN
KAWASAN CAGAR BUDAYA SESUAI
DENGAN KEBUTUHAN
PEMELIHARAAN :
ADALAH UPAYA MENJAGA DAN MERAWAT AGAR KONDISI FISIK
CAGAR BUDAYA TETAP LESTARI
PEMUGARAN :
ADALAH UPAYA UNTUK PENGEMBALIAN KONDISI FISIK BENDA CAGAR BUDAYA, BANGUNAN CAGAR BUDAYA, DAN
STRUKTUR CAGAR BUDAYA YANG RUSAK SESUAI DENGAN KEASLIAN BAHAN, BENTUK, TATA LETAK, DAN/ATAU TEKNIK PENGERJAAN UNTUK MEMPERPANJANG USIANYA
PENGEMBANGAN :
ADALAH PENINGKATAN POTENSI NILAI, INFORMASI, DAN
PROMOSI CAGAR BUDAYA SERTA PEMANFAATANNYA
MELALUI :
1.
PENELITIAN
Penelitian
adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan
menurut kaidah dan metode yang
sistematis untuk memperoleh informasi, data,
dan keterangan bagi kepentingan Pelestarian Cagar Budaya, ilmu
pengetahuan, dan pengembangan kebudayaan
2.
REVITALISASI
Revitalisasi
adalah kegiatan pengembangan yang ditujukan untuk menumbuhkan kembali
nilai-nilai penting Cagar Budaya dengan penyesuaian fungsi
ruang
baru yang tidak bertentangan dengan prinsip pelestarian dan nilai budaya
masyarakat.
3.
ADAPTASI
Adaptasi
adalah upaya pengembangan Cagar Budaya untuk kegiatan yang lebih sesuai dengan
kebutuhan masa kini dengan melakukan perubahan terbatas yang tidak akan
mengakibatkan kemerosotan nilai pentingnya atau kerusakan pada bagian yang
mempunyai nilai penting.
Semua
dilakukan secara berkelanjutan serta tidak bertentangan dengan tujuan
pelestarian
PEMANFAATAN
:
ADALAH PENDAYA GUNAAN CAGAR BUDAYA UNTUK
KEPENTINGAN SEBESAR BESARNYA KESEJAHTERAAN
RAKYAT DENGAN TETAP MEMPERTAHANKAN
KELESTARIANNYA
TUJUAN PELESTARIAN CAGAR BUDAYA UU CAGAR BUDAYA NO 11 TAHUN 2010
a.
melestarikan
warisan budaya bangsa dan warisan
umat manusia;
b. meningkatkan harkat
dan martabat bangsa melalui Cagar Budaya;
c. memperkuat kepribadian bangsa;
d. meningkatkan kesejahteraan rakyat; dan
e. mempromosikan warisan budaya bangsa kepada masyarakat internasional.
JENIS KONSERVASI
(PELESTARIAN)
THE BURRA CHARTER FOR THE CONSERVATION
OF PLACE OF CULTURAL
SIGNIFICANCE (1981)
PRESERVASI :
MEMPERTAHANKAN BAHAN
SEBUAH TEMPAT DALAM KONDISI EKSISTING
DAN MEMPERLAMBAT PELAPUKAN ATAU PELESTARIAN SUATU TEMPAT PERSIS
SEPERTI KEADAAN ASLINYA TANPA
ADA PERUBAHAN, TERMASUK DIDALAMNYA ADA USAHA PENCEGAHAN PENGHANCURAN
![]() |

PRESERVASI
•RESTORASI/REHABILITASI :
•MENGEMBALIKAN SUATU TEMPAT
PERSIS SEPERTI KEADAAN SEMULA DENGAN MENGHILANGKAN TAMBAHAN- TAMBAHANDAN MEMASANG KOMPONEN SEMULA TANPA MENGGUNAKAN BAHAN BARU
• RESTORASI : MENGEMBALIKAN BAHAN EKSISTING
SEBUAH TEMPAT PADA
KEADAAN SEMULA SEBAGAIMANA YANG DIKETAHUI DENGAN MENGHILANGKAN TAMBAHAN ATAU
DENGAN MENIRU KEMBALI KOMPONEN EKSISTING
TANPA MENGGUNAKAN MATERIAL
BARU


RESTORASI
•REKONSTRUKSI
•ADALAH
MENGEMBALIKAN SUATU TEMPAT SEMIRIP MUNGKIN DENGAN KEADAAN
SEMULA, DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN LAMA MAUPUN BARU
•MENGEMBALIKAN
SUATU TEMPAT PADA KEADAAN SEMULA SEBAGAIMANA YANG DIKETAHUI DAN DIBEDAKAN DARI
RESTORASI DENGAN MENGGUNAKAN MATERIAL BARU SEBAGAI BAHAN


REKONSTRUKSI
•ADAPTASI/REVITALISASI
:
•ADALAH PERUBAHAN SUATU TEMPAT
AGAR DAPAT DIGUNAKAN UNTUK
FUNGSI YANG LEBIH SESUAI DENGAN TIDAK MENUNTUT PERUBAHAN
DRASTIS ATAU HANYA MEMERLUKAN SEDIKIT DAMPAK
MINIMAL
•MEMODIFIKASI SUATU TEMPAT
UNTUK DISESUAIKAN PEMANFAATAN EKSISTING
ATAU PEMANFAATAN YANG DIUSULKAN

REVITALISASI

![]() |
•DEMOLISI
•ADALAH
PENGHANCURAN ATAU PEROMBAKAN SUATU
BANGUNAN YANG
SUDAH RUSAK ATAU MEMBAHAYAKAN
![]() |
![]() |
||

UU CAGAR BUDAYA
NO 11 TAHUN 2010
Pelindungan,
Pengembangan, dan Pemanfaatan Cagar Budaya di darat dan di air.
1.
OBYEK BERSIFAT ALAMIAH
DAN BUATAN
MANUSIA
2. OBYEK TUNGGAL (SATU BANGUNAN) MAUPUN JAMAK (KAWASAN/KOTA)
3.
BERUPA BANGUNAN MAUPUN
STREET FURNITURE YANG ADA
DI SEKITARNYA
4.
OBYEK MILIK INDIVIDU
MAUPUN MILIK UMUM (MASYARAKAT)

BANGUNAN

LATAR
BELAKANG:
SEMAKIN KRITISNYA
KETERSEDIAAN CADANGAN AIR BERSIH, UDARA BERSIH SERTA SEMAKIN BUTUHNYA MANUSIA
AKAN AREA REKREASI
TUJUAN :
MEMPERTAHANKAN
KESEIMBANGAN EKOLOGI BERSEJARAH YANG TELAH MEMUNGKINKAN TERJADINYA URBANISASI.
KARENA MASA LALU YANG ALAMIAH SAMA PENTINGNYA DENGAN MASA LALU YANG TERBANGUN
PELESTARIAN KAWASAN KOTA DAN DESA
PELESTARIAN KOTA DAN DESA SECARA
KESELURUHAN SEBAGAI KAWASAN KONSERVASI MEMPUNYAI ARTI PENTING BAGI WARGANYA
UNTUK BISA MENGENAL SEJARAH PERTUMBUHAN KOTA DAN AKAN MEMBERI KESEMPATAN
BAGI WARGANYA UNTUK MERASAKAN RUANG RUANG, BENTUK
BENTUK KOTA YANG UNIK BAGI REGION REGION DAN PERIODE SEJARAH TERTENTU

MANAHAN
LAWEYAN
BANJARSARI
PECINAN
MANGKUNEGARAN KRATON KASUNANAN

SKY LINE KAWASAN

KAWASAN
LAWEYAN

PELESTARIAN WAJAH JALAN MENCAKUP WAJAH BANGUNAN, JALAN, TROTOAR
SERTA STREET FURNITUR NYA. BIASANYA DITERAPKAN PADA KAWASAN
KAWASAN YANG DIANGGAP UNIK,
BERSEJARAH DAN PENTING. BIASANYA DENGAN TEKNIK FASADE EASEMENT
(HAK ATAS MUKA BANGUNAN) YAITU PEMILIK MELEPAS HAK UNTUK MEMODIFIKASI MUKA BANGUNAN TANPA IJIN. MUKA TETAPDALAM BANGUNAN BISA BERUBAH
CONTOH KAWASAN
WAJAH JALAN MALIOBORO
CAGAR BUDAYA
UU CAGAR BUDAYA NO 11 TAHUN 2010
PENGERTIAN
Adalah
warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar
Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di
darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki
nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau
kebudayaan melalui proses penetapan.*)
![]() |
KRITERIA
CAGAR BUDAYA
Benda, Bangunan, dan Struktur
a.
Berusia 50 (lima
puluh) tahun atau lebih.
b.
Mewakili masa gaya paling singkat berusia 50 tahun.
c.
Memiliki arti
khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan,
pendidikan,
agama, dan/atau kebudayaan.
d.
Memiliki nilai budaya bagi penguatan kepribadian.
Benda Cagar
Budaya
Adalah benda alam
dan/atau benda buatan manusia, baik bergerak maupun tidak bergerak, berupa
kesatuan atau kelompok, atau bagian-bagiannya, atau sisa-sisanya yang memiliki
hubungan erat dengan kebudayaan dan sejarah perkembangan manusia.
Benda
Cagar Budaya dapat berupa :
a. Benda alam dan/atau
benda buatan manusia yang dimanfaatkan oleh manusia, serta sisa-sisa
biota yang dapat dihubungkan dengan
kegiatan manusia dan/atau
dapat dihubungkan dengan sejarah manusia;
b.
Bersifat bergerak atau tidak bergerak;
dan
c.
Merupakan kesatuan atau kelompok.

Bangunan Cagar Budaya
Adalah susunan binaan yang terbuat dari benda alam atau benda buatan manusia untuk memenuhi kebutuhan ruang berdinding dan/atau tidak
berdinding, dan beratap.
Bangunan
Cagar Budaya dapat:
a. Berunsur tunggal atau banyak; dan/atau
b. Berdiri bebas atau menyatu dengan
formasi alam.

Struktur
Cagar Budaya
Adalah susunan
binaan yang terbuat dari benda alam dan/atau benda buatan manusia untuk
memenuhi kebutuhan ruang kegiatan yang menyatu dengan alam, sarana, dan
prasarana untuk menampung kebutuhan manusia.
Struktur Cagar
Budaya dapat:
a. Berunsur tunggal atau banyak; dan/atau
b. Sebagian atau
seluruhnya menyatu dengan
formasi alam.

Situs Cagar
Budaya
Adalah
lokasi yang berada di darat dan/atau di air yang mengandung Benda Cagar Budaya,
Bangunan Cagar Budaya, dan/atau Struktur Cagar Budaya sebagai hasil kegiatan
manusia atau bukti kejadian pada masa lalu.
Situs
Lokasi
dapat ditetapkan sebagai Situs Cagar Budaya apabila:
a.
Mengandung Benda
Cagar Budaya, Bangunan Cagar
Budaya,
dan/atau Struktur
Cagar Budaya
b.
Menyimpan
informasi kegiatan manusia pada masa lalu.

Kawasan
Cagar Budaya
Adalah
satuan ruang geografis yang memiliki dua Situs Cagar Budaya atau lebih yang
letaknya berdekatan dan/atau memperlihatkan ciri tata ruang yang khas.
Kawasan
Cagar Budaya
Satuan ruang
geografis dapat ditetapkan sebagai apabila:
a. Mengandung 2
(dua) Situs Cagar Budaya atau lebih
yang letaknya berdekatan;
b. Berupa lanskap budaya hasil bentukan manusia berusia
paling sedikit 50 (lima puluh) tahun;
c. Memiliki pola
yang memperlihatkan fungsi ruang pada masa lalu berusia paling
sedikit 50 (lima
puluh) tahun;
d. Memperlihatkan
pengaruh manusia masa lalu pada proses pemanfaatan
ruang berskala luas;
e. Memperlihatkan
bukti pembentukan lanskap budaya
f. Memiliki lapisan
tanah terbenam yang mengandung bukti kegiatan manusia
atau endapan
fosil.

KRITERIA UNTUK
MENENTUKAN BANGUNAN
CAGAR BUDAY (Widya Wijayanti,
2011)
1.
NILAI SEJARAH
1.1 Tempat berlangsungnya
peristiwa bersejarah, seperti: perundingan dg penjajah, lokasi pertempuran,
dicanangkannya perubahan besar, dsb., dan/atau
1.2
Keterkaitan dengan/bagian dari perubahan atau
capaian dalam sejarah (bangunan itu sendiri
membuat sejarah), seperti setasiun pertama, kantor layanan pos yang
pertama, bangunan PADM, gas, dsb, dan/atau
1.3
Keterkaitan dengan kehidupan orang/tokoh dalam
sejarah,
1.4
Keterkaitan dengan pembangunan/arsitek,
1.5
Keterkaitan dengan proses produksi pada masanya

2
|
NILAI
|
SOSIAL
|
||
2.1
|
Seberapa
|
jauh
|
bangunan
|
tersebut
|
dimaknai sebagai
tempat kegiatan tertentu yang
melibatkan
masyarakat atau sekelompok orang.
2.2 Peran sebagai
unsur pembentuk citra kota/kawasan. Seberapa jauh bangunan berperan sebagai acuan arah masyarakat
dan/atau peran dalam ruang kota (pembentuk, pengisi, penanda, dsb)

3.
NILAI ARSITEKTUR
3.1
Perpaduan bentuk, struktur, dan bahan.
Bagaimana unsur-unsur tersebut dipadukan dengan prinsip-prinsip desain
arsitektur, seperti skala, proporsi, harmoni, dsb, yang sebagian ditentukan
oleh langgam/ semangat zamannya.
3.2
Perpaduan bangunan dengan tapaknya. Seberapa
tinggi kualitas perpaduan bangunan dan tapaknya;
3.3
Kekriyaan. Seberapa tinggi kualitas kekriyaan
dan pertukangan
bangunan tersebut;
3.4
Kelangkaan
dan/atau keterwakilan dalam hal
tipologi
bangunan, langgam.

4.
NILAI ILMU
4.1
Kandungan benda arkeologis, yaitu keberadaan
dan/atau diduga keberadaan tinggalan arkeologis pada lokasi
4.2
Capaian teknologi setelah proses pencarian
yang berlangsung panjang dalam sejarah perkembangan arsitektur/enjinering.
Contoh: Pasar Johar merupakan puncak
pencarian bangunan yang menyelesaikan masalah penghawaan, penerangan, dan
perancangan ruang kegiatan, dan/atau
4.3
Nilai kepeloporan dan/atau kebaruan, Seberapa
jauh bangungan/karya arsitektur memperlihatkan kebaharuan pada masanya dan/atau
menjadi pelopor yang diikuti oleh arsitek/karya arsitektur lain sesudahnya.

5.
NILAI KEASLIAN BENTUK
dan/atau PEMANFAATAN
Seberapa besar komponen dan /atau
bagian asli bangunan masih bertahan, dan/atau bagaimana pemanfaatannya masih
merupakan kesinambungan dari pemanfaatan semula.

PROSES
KONSERVASI
PROSES KONSERVASI BANGUNAN
PERSYARATAN
TEKNIS (UMUM)
1.
TERSEDIANYA DOKUMENTASI (FOTO, SKETSA, PERENCANAAN, PERANCANGAN, AS-BUILT DRAWINGS) YANG MEMADAI
TENTANG BANGUNAN DAN LINGKUNGANNYA
2. CARA PENGERJAAN
TIDAK MERUSAK/NON DESTRUKTIF
3.
DIPERLUKAN KETERLIBATAN
PARA AHLI YANG KOMPETEN SESUAI TIME
SCHEDULE
DAN
ANGGRAN YANG TERSEDIA
PRINSIP DASAR KONSERVASI BANGUNAN
(Badan
Pelestarian Pusaka Indonesia, 2011)
1.
MEMPERPANJANG USIA BANGUNAN
2.
MENJAGA KUALITAS KESEJARAHAN ATAU KEISTIMEWAAN BANGUNAN
3.
DAPAT MEMANFAATKAN BANGUNAN
SEMAKSIMAL MUNGKIN (UNTUK SAAT INI
MAUPUN MASA MENDATANG) TANPA MENGURANGI ATAU MENGHILANGKAN KEISTIMEWAAN BANGUNAN DAN LINGKUNGANNYA. PEMANFAATAN
BANGUNAN DAN LINGKUNGANNYA HARUS
SESUAI DENGAN KARAKTERNYA (SIGNIFICANCE OF PLACE)
4.
KONSERVASI HARUS MENGHORMATI KARAKTER BANGUNAN DAN LINGKUNGAN DAN BERUPAYA
MEMPERKUAT
KARAKTER TERSEBUT.
5.
KEGIATAN KONSERVASI HARUS REALISTIS
DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MATERIAL , BIAYA, TEKNIS LAPANGAN.
6.
SETTING BANGUNAN
, BAHAN BANGUNAN DAN LINGKUNGANNYA HARUS
DIKAJI, DIPERTIMBANGKAN, DIHORMATI DAN SEMAKSIMAL MUNGKIN DILESTARIKAN.
7.
SEMINIMAL MUNGKIN
ADANYA INTERVENSI FISIK, JIKA ADA PENGGANTIAN HARUS MENGGUNAKAN BAHAN YANG SAMA.
8.
SISTEM
PENGELOLAAN BANGUNAN DAN LINGKUNGANNYA HARUS
EFEKTIF DALAM JANGKA
PANJANG
9.
KONSERVASI HARUS BERDASAR DOKUMENTASI YANG AKURAT
10. BANGUNAN HARUS DIJAGA
AGAR TIDAK MENGALAMI
KERUSAKAN LEBIH LANJUT (BAHAN DAN STRUKTUR
HARUS DIKONSOLIDASI AGAR TETAP BAIK DAN UTUH
PROSES PENETAPAN
BANGUNAN YANG AKAN DIKONSERVASI

|
|
INVENTARISASI DATA

NAMA BANGUNAN
LOKASI
TAHUN PENDIRIAN
SEJARAH PENDIRIAN
SEJARAH PEMANFAATAN BANGUNAN
PERISTIWA BERSEJARAH YANG PERNAH TERJADI DI
BANGUNAN TERSEBUT
SEJARAH PELESTARIAN
KARAKTERISTIK ARSITEKTUR
ARSITEK DAN KONTRAKTOR
KONDISI BANGUNAN SEKARANG
FOTO BANGUNAN (DULU DAN SEKARANG)
GAMBAR DENAH, TAMPAK, POTONGAN
KERUSAKAN DAN PERUBAHAN YANG TERJADI
![]() |
|||
![]() |

IDENTIFIKASI
AWAL
|
||
|
||
INVENTARISASI
DATA
|
||
PENETAPAN OBYEK
|

PROSES KONSERVASI BANGUNAN
I.
PERENCANAAN DAN PERANCANGAN
1.
RENCANA DAN PENELITIAN :
a.
ANALISIS DAN EVALUASI AWAL:
MENENTUKAN KONDISI YANG
ADA PADA BANGUNAN DAN TAPAKNYA
TERMASUK KEKUATAN STRUKTUR
BANGUNAN
b.
PROGRAM RUANG :
MENENTUKAN
RENCANA PEMANFAATAN RUANG, BANGUNAN DAN TAPAKNYA
c.
STUDI KELAYAKAN
:
PERATURAN
BANGUNAN, EKONOMI, TEKNIS KONSERVASI
d.
DOKUMENTASI :
FOTO, GAMBAR
TERUKUR (JIKA MUNGKIN DIBANDINGKAN DENGAN GAMBAR
RENCANA ASLINYA)
e.
PENELITIAN SEJARAH
MEMPELAJARI DAN MENYIAPKAN LAPORAN BERISI DAN DATA LAINNYA
YANG BERKAITAN DENGAN BANGUNAN DAN
LINGKUNGANNYA, SEJARAH ARSITEKTUR DAN PEMBANGUNANNYA
SERTA PERSONIL YANG TERLIBAT
DI DALAMNYA DI MASA LALU.
f.
PENELITIAN ARKEOLOGI
:
MENELITI BANGUNAN
DAN LINGKUNGAN OBYEK (PROYEK) UNTUK MENEMUKAN, MERESTORASI DAN MENGKAJI ARTEFAK
YANG BERHASIL DIGALI.
g.
PENELITIAN TEKNIS :
MENGANALISIS
BANGUNAN BERDASAR SEJARAH DAN ARKEOLOGIS UNTUK
MENGETAHUI ELEMEN-ELEMEN BANGUNAN
ASLI DAN TAMBAHAN LENGKAP DENGAN URUTAN
PEMBANGUNAN DAN PELESTARIAN YANG PERNAH TERJADI DI MASA LALU.
h.
PRA RENCANA :
MENYIAPKAN GAMBAR
DAN DOKUMEN LAINNYA UNTUK MEMBERIKAN GAMBARA TENTANG UPAYA PELESTARIAN DAN HASIL AKHIRNYA TERMASUK
RENCANA PENGGUNAAN BAHAN BANGUNAN, KONSEP TEKNIS,
ALTERNATIF DESAIN DAN HAL LAINNYA
YANG DIPERLUKAN UNTUK KONSERVASI BANGUNAN TERSEBUT.
i.
RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB):
UNTUK PENETAPAN BIAYA PROYEK YANG HARUS DI SEDIAKAN
j.
LAPORAN PENDAHULUAN :
BERISI TENTANG SEMUA PEKERJAAN YANG DILAKUKAN DI ATAS DIHIMPUN DALAM SATU LAPORAN
PELESTARIAN.
LAPORAN INI DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI DOKUMEN PERIJINAN.
II.
PERANCANGAN
1. DOKUMEN PERANCANGAN YANG BERISI : TAPAK, DENAH,
TAMPAK, POTONGAN, DETAIL, RENCANA,
PENGEMBANGAN DISAIN, SERTA TEKNIK-
TEKNIK KHUSUS PADA PENANGANAN BAHAN
TERTENTU DAN TEKNIK TERAPANNYA.
2. DOKUMEN PERANCANGAN YANG BERISI : STRUKTUR, MEKANIKAL, ELEKTRIKAL, PLUMBING SERTAPENGOLAHAN TAPAK/LANSEKAP.
3.
DOKUMEN RENCANA
KERJA DAN SYARAT-SYARAT (RKS) MENCAKUP
BAHAN,
DIMENSI, KUALITAS
PEKERJAAN DAN CARA-CARA PELAKSANAANNYA.
4.
DOKUMEN RENCANA
ANGGARAN BIAYA
PELAKSANAAN
PEMBANGUNAN KONSERVASI BANGUNAN
PERSYARATAN
PELAKSANAAN (PEMBANGUNAN)
a.
PERSYARATAN UMUM
-
PENGERJAAN
DILAKUKAN SETELAH SEMUA PERSYARATAN DI ATAS KOMPLIT, KALAU
TIDAK MERUPAKAN
PERUSAKAN
SISTIMATIS ATAS NAMA PELESTARIAN.
-
DOKUMEN
PERENCANAAN DAN PERANCANGAN
DISERAHKAN KEPADA KONTRAKTOR UNTUK DILAKSANAKAN SESUAI DENGAN WAKTU DAN BIAYA YANG DISEPAKATI.
b.
DOKUMEN PELAKSANAAN
-
DOKUMEN
PELAKSANAAN YANG BERISI : SELURUH
DOKUMEN PELAKSANAAN TERMASUK GAMBAR
KERJA DAN SPEK TEKNIS, TIME SCHEDULE
-
RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)
-
DOKUMEN LELANG/PERSETUJUAN OLEH PEMILIK PROYEK,
PERSETUJUAN PENUNJUKAN KONTRAKTOR
YANG MEMENUHI PERSYARATAN PEKERJAAN PELESTARIAN.
c.
MASA PELAKSANAAN
-
PENGAWASAN SEMASA
PELAKSANAAN PEKERJAAN DI LAPANGAN (KONDISI BANGUNAN
SAAT PELAKSANAAN, PENGUJIAN BAHAN DAN KEKUATANNYA,
TEKNIK KONSTRUKSI. DIBUAT DOKUMEN PELAPORAN PELAKSANAAN
(SESUAI KONTRAK) DI SETIAP AKHIR TAHAPAN.
-
ADMINISTRASI KONTRAK YAITU
BERISI ULASAN SHOP DRAWING, MENYETUJUI
CONTOH BAHAN DAN PEKERJAAN KHUSUS, MENYETUJUI SERTIFIKAT PEMBAYARAN, PERUBAHAN
PESANAN SESUAI PERSETUJUAN PEMBERI
TUGAS. DISAAT AKHIR PROYEK HARUS DISIAPKAN DOKUMEN AS BUILT DRAWING,
RENCANA KONSERVASI PASCA PEMBANGUNAN
(PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN), LAPORAN AKHIR PROYEK UNTUK ARSIP PEMBERI TUGAS.
URUTAN KERJA
PELESTARIAN :
1.
PAHAMI, TELAAH DAN KAJI KONDISI BANGUNAN DAN LINGKUNGANNYA DARI BERBAGAI ASPEK
2.
LINDUNGI BANGUNAN DARI PENGARUH CUACA SEBELUM MEMULAI PEKERJAAN
3.
TANGANI DAHULU BAGIAN ATAP DAN DINDING TERLUAR
4.
TANGANI LANTAI PALING ATAS DAN KEMUDIAN BARU KE BAWAH
5.
TANGANI ELEMEN ELEMEN
STRUKTURAL DAN ARSITEKTURAL
POLA DAN TATA
URUTAN PELAKSANAAN/PEMBANGUNAN /BANGUNAN KONSERVASI
I. PENATAAN RUANG :
1.
BANGUNAN LAMA DAN BARU
a)
JIKA DIBANGUN RUANG BARU , HARUS MELALUI
KAJIAN PROGRAM RUANG SECARA
KOMPREHENSIF
b) PEMBANGUNAN RUANG
BARU HARUS BERDASAR KEBUTUHAN MENDESAK DAN
BERSIFAT JANGKA PANJANG
c)
RUANG BARU HARUS MEMPERHATIKAN SKALA, BESARAN MASSA, PROPORSI, BAHAN, WARNA,
TEKSTUR , LAYOUT, SERTA ORIENTASI
DARI BANGUNAN YANG SUDAH ADA
(BANGUNAN LAMA)
d) LANGGAM GAYA BANGUNAN BARU (TAMBAHAN) HARUS MEMPERKHATIKAN
KESERASIANNYA DENGAN KARAKTER BANGUNAN LAMA (TIDAK HARUS SAMA PERSIS
DENGAN BANGUNAN LAMA)
e) JIKA PENAMBAHAN
BANGUNAN LAMA BERSIFAT SEMENTARA (TIDAK PERMANEN)
HARUS MUDAH
DIBONGKAR DENGAN TIDAK MERUSAK BANGUNAN LAMA.
2.
ORGANISASI RUANG :
a) ORGANISASI RUANG
YANG LAMA HENDAKNYA DIPERTAHANKAN SEMAKSIMAL
DAN SEOPTIMAL MUNGKIN
b) JIKA DIPERLUKAN ADANYA PERUBAHAN TATA RUANG,
MAKA HARUS DIUPAYAKAN SEMAKSIMAL
MUNGKIN TIDAK DILAKUKAN ADANYA PEMBONGKARAN
DINDING, LANTAI, LANGIT-LANGIT, ATAP BANGUNAN
c) PERUBAHAN FUNGSI SEDAPAT MUNGKIN TIDAK MENGGANGGU POLA SIRKULASI YANG SUDAH
ADA
3.
POLA SIRKULASI
HARUS ADANYA FASILITAS
AKSESBILITAS BAGI PENYANDANG
CACAT, PERLETAKANNYA HARUS MEMPERHATIKAN KEUNIKAN DAN KEISTIMEWAAN
BANGUNAN
4.
TATA HIJAU
DIPRIORITASKAN TANAMAN SETEMPAT DAN MUDAH PERAWATANNYA (LEBIH MEMPERKUAT KARAKTER KAWASAN)
II. ELEMEN BANGUNAN
1. ATAP DAN ASESORINYA
a)
STRUKTUR ATAP ASLI HARUS DIPERHATIKAN SEMAKSIMAL MUNGKIN
b)
DIUSAHAKAN PERTAHANKAN KEMIRINGAN TAP SESUAI ALINYA
c)
JIKA ADA BAGIAN STRUKTUR ATAP YANG
RUSAK, PRIORITASKAN
MENGGANTI BAGIAN
YANG RUSAK SAJA
d) JIKA TIDAK MEMUNGKINKAN MEMPERTAHANKAN STRUKTUR ATAP LAMA MAKA UPAYAKAN MENGGANTIKAN DENGAN BAHAN BARU YANG SAMA DENGAN BAHAN YANG LAMA.
JIKA TIDAK ADA BAHAN YANG SAMA MAKA BOLEH MENGGUNAKAN BAHAN YANG BARU
e) BAHAN PENUTUP ATAP YANG ASLI HARUS DIPERTAHANKAN , JIKA TIDAK TERDAPAT BAHAN YANG SAMA MAKA MENGGUNAKAN BAHAN YANG SEKARAKTER SESUAI DENAGAN
SUSUSNAN, BENTUK, UKURAN, WARNA, TEKSTUR BAHAN PENUTUP LAMA.
f)
DRAINASE ATAP HARUS BAIK (TIDAK TAMPIAS)
g) JIKA ADA AKSESORI ATAP LAMA HARUS DIPERTAHANKAN
(MEMPERTAHANKAN KARAKTER LAMA)
2.
LANGIT-LANGIT
a) POLA, BAHAN, WARNA,
TEKSTUR DAN MOTIF LANGIT-LANGIT
ASLI HARUS DIPERTAHANKAN SEMAKSIMAL MUNGKIN
b) JIKA HARUS DIGANTI, PERBAIKI BAGIAN YANG RUSAK DENGAN YANG BARU SEJAUH MASI
SEKARAKTER DALAM POLA, UKURAN, BAHAN, WARNA,
TEKSTUR DAN MOTIF YANG LAMA.
c) JIKA TERPAKSA
MENGGUNAKAN BAHAN BARU MAKA GUNAKANLAH BAHAN DENGAN MENIRU POLA, WARNA, TEKSTUR DAN MOTIF YANG LAMA.
3. DINDING
a)
DINDING HARUS DIUPAYAKAN UNTUK DIKEMBALIKAN SEPERTI BENTUK
SEMULA
b) DIDINDING BAGUNAN HARUS DIUPAYAKAN UNTUK BISA “BERNAFAS”DENGAN
MENGHINDARI PENGGUNAAN PLESTERAN SEMEN (PC)
, KECUALI JIKA SEJAK AWAL SUDAH MENGGUNAKAN PC
c)
DIUPAYAKAN MENGGUNAKAN CAT NON ACRYLIC
(SUPAYA DINDING DAPAT
BERNAFAS)
d)
WARNA CAT ASLI HARUS
DITELUSURI (MENGELUPAS CAT SAMPAI
CAT DASAR)
e) KEKUATAN DIDING DIJAGA
AGAR TIDAK TERKENA AIR SECARA RUTIN ATAU
BERKALA AGAR TIDAK MUDAH LAPUK
4.
PINTU, JENDELA,
KUSEN DAN ASESORIESNYA
a) PINTU, JENDELA, KUSEN DAN AKSESORIES YANG ASLI
HARUS DIPERTAHANKAN
b) JIKA ASEKSORIES YANG LAMA HILANG DAPAT MENGGANTI
DENGAN REPLIKA YANG SAMA
c) UNTUK ALASAN KEAMANAN DAN KENYAMANAN, MAKA ENGSEL, PEGANGAN
PINTU/JENDELA, SISTEM KUNCI DAN AKSESORIS LAINNYA
DAPAT DIGANTI DENGAN YANG BARU, SEJAUH KARAKTERNYA MASIH
SESUAI DENGAN KARAKTER BANGUNAN SEUTUHNYA.
d)
WARNA PINTU, JENDELA,
KUSEN DIUPAYAKAN SESUAI WARNA ASLINYA
5.
ORNAMEN
a) ORNAMEN BANGUNAN HARUS DIPERTAHANKAN SEMAKSIMAL MUNGKIN (BENTUK, UKURAN, BAHAN, WARNA)
b) JIKA TERDAPAT
ORNAMEN BANGUNAN YANG HILANG ATAU RUSAK, HARUS DIPERBAIKI DAN ATAU
DIGANTI DENGAN BAHAN, BENTUK, DIMENSI DAN
WARNA YANG SAMA DENGAN YANG ASLI
c) JIKA BAHAN YANG
SAMA SULIT DIDAPAT MAKA DAPAT DIGUNAKAN BAHAN YANG BARU DENGAN WARNA, BENTUK, DIMENSI YANG SAMA
DENGAN ASLINYA
6.
MEKANIKAL/ELEKTRIKAL/PLUMBING/SISTEM
PENCEGAH KEBAKARAN
a) DILETAKKAN SEDEMIKIAN SEHINGGA TIDAK MERUSAK KEINDAHAN DAN KEKUATAN
BANGUNAN
b)
PERLETAKAN SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA MUDAH DALAM PERAWATANNYA
7. FURNITURE
a) PERABOT BERSEJARAHDIPERTAHANKAN DAN DILETAKKAN
DI LOKASI YANG SEBENARNYA
b)
PERABOT BARU
HARUS SERASI DARI ASPEK GAYA, SEKUALITAS DENGAN
KARAKTER BANGUNAN
LAMA.
III. KONSERVASI AIR DAN ENERGI
1.
AREA TERBUKA HIJAU BANYAK
AREA RESAPAN AIR
2.
ELEMEN LANSEKAP LUNAK (SOFTSCAPE) (BERUPA RUMPUT, SEMAK
DAN POHON HENDAKNYA YANG TIDAK BANYAK MEMERLUKAN AIR UNTUK PEMELIHARAANNYA.
3.
AIR KOTOR DARI BANGUNAN TIDAK DIBUANG KE SALURAN RIOL KOTA,
NAMUN DIBUANG DI
SUMUR RESAPAN
4.
BANGUNAN HARUS
SEMAKSIMAL MUNGKIN MEMANFAATKAN VENTILASI
DAN PENCAHAYAAN ALAMI
5.
HINDARI
ELEMEN-ELEMEN YANG MENGHALANGI HAWA DAN CAHAYA
ALAM MASUK KE BANGUNAN
6.
HINDARI
PENGGUNAAN ENERGI YANG BOROS LISTRIK
IV. PELAKU PELESTARIAN
1.
ARSITEK SEBAGAI TEAM LEADER (MEMILIKI SERTFIKAT KEAHLIAN ARSITEK ATAU ARSITEK PELESTARIAN)
2.
SEJARAWAN YANG MENGUASAI SEJARAH ARSITEKTUR
3.
ARKEOLOG YANG AHLI DALAM BIDANG PELESTARIAN BANGUNAN
4.
AHLI TEKNIK (AHLI SIPIL BANGUNAN, MEKANIKAL
DAN ELEKTRIKAL, PLAMBING, TEKNIK PENYEHATAN DAN AHLI TEKNIK LAINNYA SESUAI
KEBUTUHAN
5.
ARSITEK LANDSEKAP AHLI DIBIDANG PENATAAN LAHAN, PENGHIJAUAN, PERKERASAN, TANAMAN
BERSEJARAH, SERTA TEKNIK-TEKNIK
KONSTRUKSI LANSEKAP YANG SESUAI
DENGAN PELESTARIAN BANGUNAN LAMA.
6.
KONSERVATOR YAITU SEORANG ARSITEK ATAU ARKEOLOG YANG
KHUSUS MENANGANI TEKNIK-TEKNIK PERAWATAN
BAHAN KONSTRUKSI, SERTA MEMILIKI PENGETAHUAN LUAS MENGENAI KERUSAKAN BANGUNAN BERSEJARAH DAN PEMULIHANNYA.
7.
SPESIALIS DESAINER INTERIOR
BANGUNAN BERSEJARAH (SEJARAH
PERABOT,
PENERANGAN/ILUMINASI,
FINISHING DAN DEKORASI INTERIOR
8.
KONTRAKTOR YANG AHLI DALAM BIDANG METODE
KONSTRUKSI, BAHAN BANGUNAN KONSERVASI
SERTA MEMPUNYAI TUKANG DAN MANDOR YANG
BERPENGALAMAN MENANGANI BANGUNAN TUA.
9.
AHLI GREEN BUILDING
10.
AHLI AKSESBILITAS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar