Rabu, 26 Juli 2017

KONSERVASI ARISTEKTUR

PENGERTIAN KONSERVASI (MENURUT BEBERAPA AHLI)


LARSEN (1994)
KONSERVASI ADALAH SUATU TINDAKAN UNTUK MEMELIHARA SEBANYAK MUNGKIN SECARA UTUH SUATU BANGUNAN BERSEJARAH YANG ADA MELALUI CARA PERBAIKAN TRADISIONAL ATAU MODERN

MARQUIS-KYLE &WALKER. (1996)
KONSERVASI ADALAH UPAYA UNTUK MENGEFISIENKAN PENGGUNAAN DAN MENGATUR ARAH PERKEMBANGAN DI MASA YANG AKAN DATANG DARI SUATU BANGUNAN

ASWORTH, (1991)
KONSERVASI ADALAH MANAJEMEN PERUBAHAN  FUNGSI DAN BENTUK DARI
SUATU BANGUNAN







THE BURRA CHARTER FOR THE CONSERVATION OF PLACE
OF CULTURAL SIGNIFICANCE (1981)
KONSERVASI ADALAH SEGENAP PROSES PENGELOLAAN SUATU TEMPAT AGAR MAKNA KULTURAL YANG DIKANDUNGNYA TERPELIHARA DENGAN BAIK. PEMELIHARAAN MELIPUTI ASPEK YANG SANGAT LUAS YANG DISESUAIKAN DENGAN SITUASI DAN KONDISI SETEMPAT

LARKHAM PETER J (1996)
KONSERVASI ADALAH SUATU BENTUK USAHA UNTUK MEMIKIRKAN, MELESTARIKAN, MELINDUNGI DAN MEMANFAATKAN SUMBER DAYA SUATU TEMPAT, SEHINGGA MAKNA DARI TEMPAT TERSEBUT DAPAT DIPERTAHANKAN


PIAGAM PELESTARIAN PUSAKA INDONESIA (2003)

KONSERVASI ADALAH :
UPAYA PENGELOLAAN PUSAKA MELALUI KEGIATAN PENELITIAN, PERLINDUNGAN, PEMELIHARAAN, PEMANFAATAN DAN/ATAU PENGEMBANGAN SECARA SELEKTIF UNTUK MENJAGA KESINAMBUNGAN, KESERASIAN, DAN DAYA DUKUNGNYA DALAM MENJAWAB DINAMIKA JAMAN UNTUK MEMBANGUN KEHIDUPAN BANGSA YANG LEBIH BERKUALITAS.

KONSERVASI ADALAH :
SEMUA PROSES PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN YANG TERENCANA DENGAN BAIK YANG MELIBATKAN MASYARAKAT SECARA AKTIF DALAM SUATU PROSES PARTISIPATIF UNTUK MEMELIHARA WARISAN BUDAYA, ALAM DAN SAUJANA SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA MAKNA ATAU NILAI YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA YANG MELIPUTI SEMUA ASPEK, ANTARA LAIN BERUPA NILAI KEINDAHAN, SEJARAH, KEILMUAN, EKONOMI ATAU NILAI SOSIAL YANG DIPERSEMBAHKAN UNTUK GENERASI LAMPAU, MASA KINI DAN MASA MENDATANG AKAN DAPAT TERPELIHARA DENGAN BAIK








DENGAN ADANYA PENGERTIAN KONSERVASI SEPERTI TERSEBUT
DI ATAS, MAKA :
PUSAKA YANG KITA TERIMA DARI GENERASI-GENERASI SEBELUMNYA SANGAT PENTING SEBAGAI LANDASAN DAN MODAL AWAL BAGI PEMBANGUNAN MASYARAKAT INDONESIA DI MASA DEPAN, KARENA ITU HARUS DITERUSKAN KEPADA GENERASI BERIKUTNYA DALAM KEADAAN BAIK, TIDAK BERKURANG NILAINYA, BAHKAN JIKA MUNGKIN DITINGKATKAN, UNTUK MEMBENTUK PUSAKA MASA DATANG.


PENGERTIAN PELESTARIAN (KONSERVASI)
CAGAR  BUDAYA
UU CAGAR BUDAYA NO 11 TAHUN 2010




ADALAH UPAYA DINAMIS UNTUK MEMPERTAHANKAN KEBERADAAN CAGAR BUDAYA DAN NILAINYA DENGAN CARA :
1.                  MELINDUNGI
2.                  MENGEMBANGKAN
3.                  MEMANFAATKANNYA






PERLINDUNGAN
ADALAH UPAYA UNTUK MENCEGAH DAN MENANGGULANGI DARI KERUSAKAN, KEHANCURAN ATAU KEMUSNAHAN DENGAN CARA :
1.     PENYELAMATAN
2.     PENGAMANAN
3.     ZONASI
4.     PEMELIHARAAN
5.     PEMUGARAN CAGAR BUDAYA


PENYELAMATAN :
ADALAH UPAYA MENGHINDARKAN DAN/ATAU MENANGGULANGI CAGAR BUDAYA DARI KERUSAKAN, KEHANCURAN, ATAU KEMUSNAHAN

PENGAMATAN :
ADALAH UPAYA MENJAGADAN MENCEGAH CAGAR BUDAYA DARI ANCAMAN DAN/ATAU GANGGUAN

ZONASI :
ADALAH PENENTUAN BATAS BATAS KERUANGAN SITUS CAGAR BUDAYA DAN KAWASAN CAGAR BUDAYA SESUAI DENGAN KEBUTUHAN

PEMELIHARAAN :
ADALAH UPAYA MENJAGA DAN MERAWAT AGAR KONDISI FISIK CAGAR BUDAYA TETAP LESTARI

PEMUGARAN :
ADALAH UPAYA UNTUK PENGEMBALIAN KONDISI FISIK BENDA CAGAR BUDAYA, BANGUNAN CAGAR BUDAYA, DAN STRUKTUR CAGAR BUDAYA YANG RUSAK SESUAI DENGAN KEASLIAN BAHAN, BENTUK, TATA LETAK, DAN/ATAU TEKNIK PENGERJAAN UNTUK MEMPERPANJANG USIANYA


PENGEMBANGAN :

ADALAH PENINGKATAN POTENSI NILAI, INFORMASI, DAN PROMOSI CAGAR BUDAYA SERTA PEMANFAATANNYA MELALUI :

1.     PENELITIAN
Penelitian adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan menurut kaidah dan metode yang sistematis untuk memperoleh informasi, data, dan keterangan bagi kepentingan Pelestarian Cagar Budaya, ilmu pengetahuan, dan pengembangan kebudayaan
2.    REVITALISASI
Revitalisasi adalah kegiatan pengembangan yang ditujukan untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai penting Cagar Budaya dengan penyesuaian fungsi
ruang baru yang tidak bertentangan dengan prinsip pelestarian dan nilai budaya masyarakat.


3.   ADAPTASI
Adaptasi adalah upaya pengembangan Cagar Budaya untuk kegiatan yang lebih sesuai dengan kebutuhan masa kini dengan melakukan perubahan terbatas yang tidak akan mengakibatkan kemerosotan nilai pentingnya atau kerusakan pada bagian yang mempunyai nilai penting.



Semua dilakukan secara berkelanjutan serta tidak bertentangan dengan tujuan pelestarian


PEMANFAATAN :
ADALAH PENDAYA GUNAAN CAGAR BUDAYA UNTUK KEPENTINGAN SEBESAR BESARNYA KESEJAHTERAAN RAKYAT DENGAN TETAP MEMPERTAHANKAN KELESTARIANNYA


TUJUAN PELESTARIAN CAGAR BUDAYA UU CAGAR BUDAYA NO 11 TAHUN 2010


a.  melestarikan warisan budaya bangsa dan warisan umat manusia;
b.   meningkatkan harkat dan martabat bangsa melalui Cagar Budaya;
c.   memperkuat kepribadian bangsa;
d.   meningkatkan kesejahteraan rakyat; dan
e.  mempromosikan warisan budaya bangsa kepada masyarakat internasional.


JENIS KONSERVASI (PELESTARIAN)

THE BURRA CHARTER FOR THE CONSERVATION OF PLACE OF CULTURAL
SIGNIFICANCE (1981)

PRESERVASI :
MEMPERTAHANKAN BAHAN SEBUAH TEMPAT DALAM KONDISI EKSISTING DAN MEMPERLAMBAT PELAPUKAN ATAU PELESTARIAN SUATU TEMPAT PERSIS SEPERTI KEADAAN ASLINYA TANPA ADA PERUBAHAN, TERMASUK DIDALAMNYA ADA USAHA PENCEGAHAN PENGHANCURAN




                                            PRESERVASI 



RESTORASI/REHABILITASI :
•MENGEMBALIKAN SUATU TEMPAT PERSIS SEPERTI KEADAAN SEMULA DENGAN MENGHILANGKAN TAMBAHAN- TAMBAHANDAN MEMASANG KOMPONEN SEMULA TANPA MENGGUNAKAN BAHAN BARU
   RESTORASI : MENGEMBALIKAN BAHAN EKSISTING SEBUAH TEMPAT PADA KEADAAN SEMULA SEBAGAIMANA YANG DIKETAHUI DENGAN MENGHILANGKAN TAMBAHAN ATAU DENGAN MENIRU KEMBALI KOMPONEN EKSISTING TANPA MENGGUNAKAN MATERIAL BARU





                                             RESTORASI  



REKONSTRUKSI
•ADALAH MENGEMBALIKAN SUATU TEMPAT SEMIRIP MUNGKIN DENGAN KEADAAN SEMULA, DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN LAMA MAUPUN BARU
•MENGEMBALIKAN SUATU TEMPAT PADA KEADAAN SEMULA SEBAGAIMANA YANG DIKETAHUI DAN DIBEDAKAN DARI RESTORASI DENGAN MENGGUNAKAN MATERIAL BARU SEBAGAI BAHAN


                                          REKONSTRUKSI                                        


ADAPTASI/REVITALISASI :
ADALAH PERUBAHAN SUATU TEMPAT AGAR DAPAT DIGUNAKAN UNTUK FUNGSI YANG LEBIH SESUAI DENGAN TIDAK MENUNTUT PERUBAHAN DRASTIS ATAU HANYA MEMERLUKAN SEDIKIT DAMPAK MINIMAL
•MEMODIFIKASI SUATU TEMPAT UNTUK DISESUAIKAN PEMANFAATAN EKSISTING ATAU PEMANFAATAN YANG DIUSULKAN


                                        REVITALISASI









DEMOLISI
•ADALAH PENGHANCURAN ATAU PEROMBAKAN SUATU
BANGUNAN YANG SUDAH RUSAK ATAU MEMBAHAYAKAN









Lingkup Pelestarian/Konservasi  Cagar Budaya                                              :
UU CAGAR BUDAYA NO 11 TAHUN 2010
Pelindungan, Pengembangan, dan Pemanfaatan Cagar Budaya di darat dan di air.
1.  OBYEK BERSIFAT ALAMIAH
DAN BUATAN MANUSIA
2.  OBYEK TUNGGAL (SATU BANGUNAN)             MAUPUN JAMAK (KAWASAN/KOTA)
3.  BERUPA BANGUNAN MAUPUN STREET FURNITURE YANG ADA DI SEKITARNYA
4.  OBYEK MILIK INDIVIDU MAUPUN MILIK UMUM (MASYARAKAT)



































BANGUNAN


PELESTARIAN KAWASAN ALAMIAH



LATAR BELAKANG:
SEMAKIN KRITISNYA KETERSEDIAAN CADANGAN AIR BERSIH, UDARA BERSIH SERTA SEMAKIN BUTUHNYA MANUSIA AKAN AREA REKREASI


TUJUAN :
MEMPERTAHANKAN KESEIMBANGAN EKOLOGI BERSEJARAH YANG TELAH MEMUNGKINKAN TERJADINYA URBANISASI. KARENA MASA LALU YANG ALAMIAH SAMA PENTINGNYA DENGAN MASA LALU YANG TERBANGUN


PELESTARIAN KAWASAN  KOTA DAN DESA
PELESTARIAN KOTA DAN DESA SECARA KESELURUHAN SEBAGAI KAWASAN KONSERVASI MEMPUNYAI ARTI PENTING BAGI WARGANYA UNTUK BISA MENGENAL SEJARAH PERTUMBUHAN KOTA DAN AKAN MEMBERI KESEMPATAN BAGI WARGANYA UNTUK MERASAKAN RUANG RUANG, BENTUK BENTUK KOTA YANG UNIK BAGI REGION REGION DAN PERIODE SEJARAH TERTENTU





MANAHAN




LAWEYAN


BANJARSARI PECINAN
MANGKUNEGARAN KRATON KASUNANAN


PELESTARIAN GARIS CAKRAWALA / SKY LINE





























SKY LINE KAWASAN


PELESTARIAN KAWASAN DISTRIK DAN LINGKUNGAN PERUMAHAN

KAWASAN LAWEYAN


PELESTARIAN KAWASAN WAJAH JALAN

PELESTARIAN WAJAH JALAN MENCAKUP WAJAH BANGUNAN, JALAN, TROTOAR SERTA STREET FURNITUR NYA. BIASANYA DITERAPKAN PADA KAWASAN KAWASAN YANG DIANGGAP UNIK, BERSEJARAH DAN PENTING. BIASANYA DENGAN TEKNIK FASADE EASEMENT (HAK ATAS MUKA BANGUNAN) YAITU PEMILIK MELEPAS HAK UNTUK MEMODIFIKASI MUKA BANGUNAN TANPA IJIN. MUKA TETAPDALAM BANGUNAN BISA BERUBAH




CONTOH KAWASAN WAJAH JALAN MALIOBORO


CAGAR  BUDAYA
UU CAGAR BUDAYA NO 11 TAHUN 2010
PENGERTIAN
Adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan.*)

Text Box: *)Penetapan adalah pemberian status Cagar Budaya terhadap benda, bangunan, struktur, lokasi, atau satuan ruang geografis yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota berdasarkan rekomendasi Tim Ahli Cagar Budaya.




KRITERIA CAGAR BUDAYA
Benda, Bangunan, dan Struktur
a.      Berusia 50 (lima puluh) tahun atau lebih.
b.      Mewakili masa gaya paling singkat berusia 50 tahun.
c.      Memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu                                                               pengetahuan,
pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan.
d.      Memiliki nilai budaya bagi penguatan kepribadian.


Benda Cagar Budaya
Adalah benda alam dan/atau benda buatan manusia, baik bergerak maupun tidak bergerak, berupa kesatuan atau kelompok, atau bagian-bagiannya, atau sisa-sisanya yang memiliki hubungan erat dengan kebudayaan dan sejarah perkembangan manusia.

Benda Cagar Budaya dapat berupa :
a.  Benda alam dan/atau benda buatan manusia yang dimanfaatkan oleh manusia, serta sisa-sisa biota yang dapat dihubungkan dengan kegiatan  manusia dan/atau dapat dihubungkan dengan sejarah manusia;
b.   Bersifat bergerak atau tidak bergerak; dan
c.   Merupakan kesatuan atau kelompok.




Bangunan Cagar Budaya
Adalah susunan binaan yang terbuat dari benda alam atau benda buatan manusia untuk memenuhi kebutuhan ruang berdinding dan/atau tidak berdinding, dan beratap.

Bangunan Cagar Budaya dapat:
a.   Berunsur tunggal atau banyak; dan/atau
b.   Berdiri bebas atau menyatu dengan formasi alam.




Struktur Cagar Budaya
Adalah susunan binaan yang terbuat dari benda alam dan/atau benda buatan manusia untuk memenuhi kebutuhan ruang kegiatan yang menyatu dengan alam, sarana, dan prasarana untuk menampung kebutuhan manusia.



Struktur Cagar Budaya dapat:
a.   Berunsur tunggal atau banyak; dan/atau
b.   Sebagian atau seluruhnya menyatu dengan formasi alam.




Situs Cagar Budaya
Adalah lokasi yang berada di darat dan/atau di air yang mengandung Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, dan/atau Struktur Cagar Budaya sebagai hasil kegiatan manusia atau bukti kejadian pada masa lalu.


Situs
Lokasi dapat ditetapkan sebagai Situs Cagar Budaya apabila:
a.                Mengandung Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar
Budaya,
dan/atau Struktur Cagar Budaya
b.               Menyimpan informasi kegiatan manusia pada masa lalu.




Kawasan Cagar Budaya
Adalah satuan ruang geografis yang memiliki dua Situs Cagar Budaya atau lebih yang letaknya berdekatan dan/atau memperlihatkan ciri tata ruang yang khas.


Kawasan Cagar Budaya
Satuan ruang geografis dapat ditetapkan sebagai apabila:
a.  Mengandung 2 (dua) Situs Cagar Budaya atau lebih yang letaknya berdekatan;
b.  Berupa lanskap budaya hasil bentukan manusia berusia paling sedikit 50 (lima puluh) tahun;
c.   Memiliki pola yang memperlihatkan fungsi ruang pada masa lalu berusia paling
sedikit 50 (lima puluh) tahun;
d.  Memperlihatkan pengaruh manusia masa lalu pada proses pemanfaatan ruang berskala luas;
e.   Memperlihatkan bukti pembentukan lanskap budaya
f.     Memiliki lapisan tanah terbenam yang mengandung bukti kegiatan manusia
atau endapan fosil.


CONTOH KAWASAN CAGAR BUDAYA


KRITERIA UNTUK MENENTUKAN BANGUNAN
CAGAR BUDAY (Widya Wijayanti, 2011)
1.       NILAI SEJARAH
1.1       Tempat berlangsungnya peristiwa bersejarah, seperti: perundingan dg penjajah, lokasi pertempuran, dicanangkannya perubahan besar, dsb., dan/atau
1.2                                 Keterkaitan dengan/bagian dari perubahan atau capaian dalam sejarah (bangunan itu sendiri membuat sejarah), seperti setasiun pertama, kantor layanan pos yang pertama, bangunan PADM, gas, dsb, dan/atau
1.3                                 Keterkaitan dengan kehidupan orang/tokoh dalam
sejarah,
1.4                                 Keterkaitan dengan pembangunan/arsitek,
1.5                                 Keterkaitan dengan proses produksi pada masanya




2
NILAI
SOSIAL

2.1
Seberapa
jauh
bangunan
tersebut
dimaknai sebagai tempat kegiatan tertentu  yang
melibatkan masyarakat atau sekelompok orang.
2.2 Peran sebagai unsur pembentuk citra kota/kawasan. Seberapa jauh bangunan  berperan sebagai acuan arah masyarakat dan/atau peran dalam ruang kota (pembentuk, pengisi, penanda, dsb)




3.       NILAI ARSITEKTUR

3.1       Perpaduan bentuk, struktur, dan bahan. Bagaimana unsur-unsur tersebut dipadukan dengan prinsip-prinsip desain arsitektur, seperti skala, proporsi, harmoni, dsb, yang sebagian ditentukan oleh langgam/ semangat zamannya.
3.2       Perpaduan bangunan dengan tapaknya. Seberapa tinggi kualitas perpaduan bangunan dan tapaknya;
3.3       Kekriyaan. Seberapa tinggi kualitas kekriyaan
dan pertukangan bangunan tersebut;
3.4       Kelangkaan  dan/atau keterwakilan  dalam hal
tipologi bangunan, langgam.




4.      NILAI  ILMU

4.1        Kandungan benda arkeologis, yaitu keberadaan dan/atau diduga keberadaan tinggalan arkeologis pada lokasi
4.2        Capaian teknologi setelah proses pencarian yang berlangsung panjang dalam sejarah perkembangan arsitektur/enjinering. Contoh: Pasar Johar merupakan puncak pencarian bangunan yang menyelesaikan masalah penghawaan, penerangan, dan perancangan ruang kegiatan, dan/atau
4.3        Nilai kepeloporan dan/atau kebaruan, Seberapa jauh bangungan/karya arsitektur memperlihatkan kebaharuan pada masanya dan/atau menjadi pelopor yang diikuti oleh arsitek/karya arsitektur lain sesudahnya.







5. NILAI  KEASLIAN BENTUK dan/atau PEMANFAATAN

Seberapa besar komponen dan /atau bagian asli bangunan masih bertahan, dan/atau bagaimana pemanfaatannya masih merupakan kesinambungan dari pemanfaatan semula.




PROSES KONSERVASI

PROSES KONSERVASI BANGUNAN

PERSYARATAN TEKNIS (UMUM)
1.       TERSEDIANYA DOKUMENTASI (FOTO, SKETSA, PERENCANAAN, PERANCANGAN, AS-BUILT DRAWINGS) YANG MEMADAI TENTANG BANGUNAN DAN LINGKUNGANNYA
2.       CARA PENGERJAAN TIDAK MERUSAK/NON DESTRUKTIF
3.       DIPERLUKAN KETERLIBATAN PARA AHLI  YANG KOMPETEN SESUAI TIME
SCHEDULE DAN ANGGRAN YANG TERSEDIA


PRINSIP DASAR KONSERVASI BANGUNAN
(Badan Pelestarian Pusaka Indonesia, 2011)

1.         MEMPERPANJANG USIA BANGUNAN
2.         MENJAGA KUALITAS KESEJARAHAN ATAU KEISTIMEWAAN BANGUNAN
3.         DAPAT MEMANFAATKAN BANGUNAN SEMAKSIMAL MUNGKIN (UNTUK SAAT INI MAUPUN MASA MENDATANG) TANPA MENGURANGI ATAU MENGHILANGKAN KEISTIMEWAAN BANGUNAN DAN LINGKUNGANNYA. PEMANFAATAN BANGUNAN DAN LINGKUNGANNYA HARUS SESUAI DENGAN KARAKTERNYA (SIGNIFICANCE OF PLACE)
4.         KONSERVASI HARUS MENGHORMATI KARAKTER BANGUNAN DAN LINGKUNGAN DAN BERUPAYA
MEMPERKUAT KARAKTER TERSEBUT.
5.         KEGIATAN KONSERVASI HARUS REALISTIS DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MATERIAL , BIAYA, TEKNIS LAPANGAN.
6.         SETTING BANGUNAN , BAHAN BANGUNAN DAN LINGKUNGANNYA HARUS DIKAJI, DIPERTIMBANGKAN, DIHORMATI DAN SEMAKSIMAL MUNGKIN DILESTARIKAN.
7.         SEMINIMAL MUNGKIN ADANYA INTERVENSI FISIK, JIKA ADA PENGGANTIAN HARUS MENGGUNAKAN BAHAN YANG SAMA.
8.         SISTEM PENGELOLAAN BANGUNAN DAN LINGKUNGANNYA HARUS EFEKTIF DALAM JANGKA
PANJANG
9.         KONSERVASI HARUS BERDASAR DOKUMENTASI YANG AKURAT
10.     BANGUNAN HARUS DIJAGA AGAR TIDAK MENGALAMI KERUSAKAN LEBIH LANJUT (BAHAN DAN STRUKTUR HARUS DIKONSOLIDASI AGAR TETAP BAIK DAN UTUH


PROSES PENETAPAN BANGUNAN YANG AKAN DIKONSERVASI




PENETAPAN OBYEK
 


IDENTIFIKASI AWAL


KRITERIA BANGUNAN :

BANGUNAN MINIMAL BERUSIA 50 TAHUN

 
INVENTARISASI DATA




DATA BANGUNAN

§NAMA BANGUNAN
§LOKASI
§TAHUN PENDIRIAN
§SEJARAH PENDIRIAN
§SEJARAH PEMANFAATAN BANGUNAN
§PERISTIWA BERSEJARAH YANG PERNAH TERJADI DI BANGUNAN TERSEBUT
§SEJARAH PELESTARIAN
§KARAKTERISTIK ARSITEKTUR
§ARSITEK DAN KONTRAKTOR
§KONDISI BANGUNAN SEKARANG
§FOTO BANGUNAN (DULU DAN SEKARANG)
§GAMBAR DENAH, TAMPAK, POTONGAN
§KERUSAKAN DAN PERUBAHAN YANG TERJADI




IDENTIFIKASI AWAL

INVENTARISASI DATA

PENETAPAN OBYEK










URUTAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN :

1.   PENATAAN RUANG
§  BANGUNAN LAMA DAN BARU
§  ORGANISAI RUANG
§  POLA SIRKULASI
§  TATA HIJAU

2.   ELEMEN BANGUNAN
§  ATAP DAN ASEKSORISNYA
§  LANGIT-LANGIT
§  DIDNDING
§  ORNAMEN
§  PINTU JENDELA
§  MEE
§  FURNITURE

3. KONSERVASI AIR DAN ENERGI
 
DIAGRAM PROSES KONSERVASI BANGUNAN


PROSES KONSERVASI BANGUNAN

I.   PERENCANAAN DAN PERANCANGAN
1.        RENCANA DAN PENELITIAN :

a.                          ANALISIS DAN EVALUASI AWAL:
MENENTUKAN KONDISI YANG ADA PADA BANGUNAN DAN TAPAKNYA TERMASUK KEKUATAN STRUKTUR BANGUNAN
b.                         PROGRAM RUANG :
MENENTUKAN RENCANA PEMANFAATAN RUANG, BANGUNAN DAN TAPAKNYA
c.                            STUDI KELAYAKAN :
PERATURAN BANGUNAN, EKONOMI, TEKNIS KONSERVASI
d.                         DOKUMENTASI :
FOTO, GAMBAR TERUKUR (JIKA MUNGKIN DIBANDINGKAN DENGAN GAMBAR
RENCANA ASLINYA)
e.                          PENELITIAN SEJARAH
MEMPELAJARI DAN MENYIAPKAN LAPORAN BERISI DAN DATA LAINNYA YANG BERKAITAN DENGAN BANGUNAN DAN LINGKUNGANNYA, SEJARAH ARSITEKTUR DAN PEMBANGUNANNYA SERTA PERSONIL YANG TERLIBAT DI DALAMNYA DI MASA LALU.


f.                               PENELITIAN ARKEOLOGI :
MENELITI BANGUNAN DAN LINGKUNGAN OBYEK (PROYEK) UNTUK MENEMUKAN, MERESTORASI DAN MENGKAJI ARTEFAK YANG BERHASIL DIGALI.
g.                           PENELITIAN TEKNIS :
MENGANALISIS BANGUNAN BERDASAR SEJARAH DAN ARKEOLOGIS UNTUK MENGETAHUI ELEMEN-ELEMEN BANGUNAN ASLI DAN TAMBAHAN LENGKAP DENGAN URUTAN PEMBANGUNAN DAN PELESTARIAN YANG PERNAH TERJADI DI MASA LALU.
h.                         PRA RENCANA :
MENYIAPKAN GAMBAR DAN DOKUMEN LAINNYA UNTUK MEMBERIKAN GAMBARA TENTANG UPAYA PELESTARIAN DAN HASIL AKHIRNYA TERMASUK RENCANA PENGGUNAAN BAHAN BANGUNAN, KONSEP TEKNIS, ALTERNATIF DESAIN DAN HAL LAINNYA YANG DIPERLUKAN UNTUK KONSERVASI BANGUNAN TERSEBUT.
i.                                      RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB):
UNTUK PENETAPAN BIAYA PROYEK YANG HARUS DI SEDIAKAN
j.                                      LAPORAN PENDAHULUAN :
BERISI TENTANG SEMUA PEKERJAAN YANG DILAKUKAN DI ATAS DIHIMPUN DALAM SATU LAPORAN
PELESTARIAN. LAPORAN INI DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI DOKUMEN PERIJINAN.




II.  PERANCANGAN

1.   DOKUMEN PERANCANGAN YANG BERISI : TAPAK, DENAH, TAMPAK, POTONGAN, DETAIL, RENCANA, PENGEMBANGAN DISAIN, SERTA TEKNIK- TEKNIK KHUSUS PADA PENANGANAN BAHAN TERTENTU DAN TEKNIK TERAPANNYA.
2.   DOKUMEN PERANCANGAN YANG BERISI : STRUKTUR, MEKANIKAL, ELEKTRIKAL, PLUMBING SERTAPENGOLAHAN TAPAK/LANSEKAP.
3.   DOKUMEN RENCANA KERJA DAN SYARAT-SYARAT (RKS) MENCAKUP BAHAN,
DIMENSI, KUALITAS PEKERJAAN DAN CARA-CARA PELAKSANAANNYA.
4.   DOKUMEN RENCANA ANGGARAN BIAYA


PELAKSANAAN PEMBANGUNAN KONSERVASI BANGUNAN


PERSYARATAN PELAKSANAAN (PEMBANGUNAN)
a.           PERSYARATAN UMUM
-               PENGERJAAN DILAKUKAN SETELAH SEMUA PERSYARATAN DI ATAS KOMPLIT, KALAU TIDAK MERUPAKAN
PERUSAKAN SISTIMATIS ATAS NAMA PELESTARIAN.
-               DOKUMEN PERENCANAAN DAN PERANCANGAN DISERAHKAN KEPADA KONTRAKTOR UNTUK DILAKSANAKAN SESUAI DENGAN WAKTU DAN BIAYA YANG DISEPAKATI.
b.             DOKUMEN PELAKSANAAN
-               DOKUMEN PELAKSANAAN YANG BERISI : SELURUH DOKUMEN PELAKSANAAN TERMASUK GAMBAR KERJA DAN SPEK TEKNIS, TIME SCHEDULE
-                RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)
-               DOKUMEN LELANG/PERSETUJUAN OLEH PEMILIK PROYEK, PERSETUJUAN PENUNJUKAN KONTRAKTOR YANG MEMENUHI PERSYARATAN PEKERJAAN PELESTARIAN.
c.            MASA PELAKSANAAN
-               PENGAWASAN SEMASA PELAKSANAAN PEKERJAAN DI LAPANGAN (KONDISI BANGUNAN SAAT PELAKSANAAN, PENGUJIAN BAHAN DAN KEKUATANNYA, TEKNIK KONSTRUKSI. DIBUAT DOKUMEN PELAPORAN PELAKSANAAN (SESUAI KONTRAK) DI SETIAP AKHIR TAHAPAN.
-               ADMINISTRASI KONTRAK YAITU BERISI ULASAN SHOP DRAWING, MENYETUJUI CONTOH BAHAN DAN PEKERJAAN KHUSUS, MENYETUJUI SERTIFIKAT PEMBAYARAN, PERUBAHAN PESANAN SESUAI PERSETUJUAN PEMBERI TUGAS. DISAAT AKHIR PROYEK HARUS DISIAPKAN DOKUMEN AS BUILT DRAWING, RENCANA KONSERVASI PASCA PEMBANGUNAN (PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN), LAPORAN AKHIR PROYEK UNTUK ARSIP PEMBERI TUGAS.









URUTAN KERJA PELESTARIAN :
1.                          PAHAMI, TELAAH DAN KAJI KONDISI BANGUNAN DAN LINGKUNGANNYA DARI BERBAGAI ASPEK
2.                          LINDUNGI BANGUNAN DARI PENGARUH CUACA SEBELUM MEMULAI PEKERJAAN
3.                                 TANGANI DAHULU BAGIAN ATAP DAN DINDING TERLUAR
4.                          TANGANI LANTAI PALING ATAS DAN KEMUDIAN BARU KE BAWAH
5.                          TANGANI ELEMEN ELEMEN STRUKTURAL DAN ARSITEKTURAL


POLA DAN TATA URUTAN PELAKSANAAN/PEMBANGUNAN /BANGUNAN KONSERVASI




I.    PENATAAN RUANG :
1.           BANGUNAN LAMA DAN BARU
a)        JIKA DIBANGUN RUANG BARU , HARUS MELALUI KAJIAN PROGRAM RUANG SECARA
KOMPREHENSIF
b)       PEMBANGUNAN RUANG BARU HARUS BERDASAR KEBUTUHAN MENDESAK DAN BERSIFAT JANGKA PANJANG
c)        RUANG BARU HARUS MEMPERHATIKAN SKALA, BESARAN MASSA, PROPORSI, BAHAN, WARNA, TEKSTUR , LAYOUT, SERTA ORIENTASI DARI BANGUNAN YANG SUDAH ADA (BANGUNAN LAMA)
d)       LANGGAM GAYA BANGUNAN BARU (TAMBAHAN) HARUS MEMPERKHATIKAN KESERASIANNYA DENGAN KARAKTER BANGUNAN LAMA (TIDAK HARUS SAMA PERSIS DENGAN BANGUNAN LAMA)
e)       JIKA PENAMBAHAN BANGUNAN LAMA BERSIFAT SEMENTARA (TIDAK PERMANEN)
HARUS MUDAH DIBONGKAR DENGAN TIDAK MERUSAK BANGUNAN LAMA.





2.           ORGANISASI RUANG :
a)   ORGANISASI RUANG YANG LAMA HENDAKNYA DIPERTAHANKAN SEMAKSIMAL  DAN SEOPTIMAL MUNGKIN
b)   JIKA DIPERLUKAN ADANYA PERUBAHAN TATA RUANG, MAKA HARUS DIUPAYAKAN SEMAKSIMAL MUNGKIN TIDAK DILAKUKAN ADANYA PEMBONGKARAN DINDING, LANTAI, LANGIT-LANGIT, ATAP BANGUNAN
c)   PERUBAHAN FUNGSI SEDAPAT MUNGKIN TIDAK MENGGANGGU POLA SIRKULASI YANG SUDAH ADA

3.            POLA SIRKULASI
HARUS ADANYA FASILITAS AKSESBILITAS BAGI PENYANDANG CACAT, PERLETAKANNYA HARUS MEMPERHATIKAN KEUNIKAN DAN KEISTIMEWAAN BANGUNAN
4.            TATA HIJAU
DIPRIORITASKAN TANAMAN SETEMPAT DAN MUDAH PERAWATANNYA (LEBIH MEMPERKUAT KARAKTER KAWASAN)



II.  ELEMEN BANGUNAN
1.   ATAP DAN ASESORINYA
a)   STRUKTUR ATAP ASLI HARUS DIPERHATIKAN SEMAKSIMAL MUNGKIN
b)   DIUSAHAKAN PERTAHANKAN KEMIRINGAN TAP SESUAI ALINYA
c)   JIKA ADA BAGIAN STRUKTUR ATAP YANG RUSAK, PRIORITASKAN
MENGGANTI BAGIAN YANG RUSAK SAJA
d)   JIKA TIDAK MEMUNGKINKAN MEMPERTAHANKAN STRUKTUR ATAP LAMA MAKA UPAYAKAN MENGGANTIKAN DENGAN BAHAN BARU YANG SAMA DENGAN BAHAN YANG LAMA. JIKA TIDAK ADA BAHAN YANG SAMA MAKA BOLEH MENGGUNAKAN BAHAN YANG BARU
e)   BAHAN PENUTUP ATAP YANG ASLI HARUS DIPERTAHANKAN , JIKA TIDAK TERDAPAT BAHAN YANG SAMA MAKA MENGGUNAKAN BAHAN YANG SEKARAKTER SESUAI DENAGAN SUSUSNAN, BENTUK, UKURAN, WARNA, TEKSTUR BAHAN PENUTUP LAMA.
f)   DRAINASE ATAP HARUS BAIK (TIDAK TAMPIAS)
g)   JIKA ADA AKSESORI ATAP LAMA HARUS DIPERTAHANKAN (MEMPERTAHANKAN KARAKTER LAMA)


2.   LANGIT-LANGIT
a)   POLA, BAHAN, WARNA, TEKSTUR DAN MOTIF LANGIT-LANGIT ASLI HARUS DIPERTAHANKAN SEMAKSIMAL MUNGKIN
b)   JIKA HARUS DIGANTI, PERBAIKI BAGIAN YANG RUSAK DENGAN YANG BARU SEJAUH MASI SEKARAKTER DALAM POLA, UKURAN, BAHAN, WARNA, TEKSTUR DAN MOTIF YANG LAMA.
c)   JIKA TERPAKSA MENGGUNAKAN BAHAN BARU MAKA GUNAKANLAH BAHAN DENGAN MENIRU POLA, WARNA, TEKSTUR DAN MOTIF YANG LAMA.

3.   DINDING
a)       DINDING HARUS DIUPAYAKAN UNTUK DIKEMBALIKAN SEPERTI BENTUK
SEMULA
b)       DIDINDING BAGUNAN HARUS DIUPAYAKAN UNTUK BISA “BERNAFAS”DENGAN MENGHINDARI PENGGUNAAN PLESTERAN SEMEN (PC) , KECUALI JIKA SEJAK AWAL SUDAH MENGGUNAKAN PC
c)        DIUPAYAKAN MENGGUNAKAN CAT NON ACRYLIC (SUPAYA DINDING DAPAT
BERNAFAS)
d)       WARNA CAT ASLI HARUS DITELUSURI (MENGELUPAS CAT SAMPAI CAT DASAR)
e)       KEKUATAN DIDING DIJAGA AGAR TIDAK TERKENA AIR SECARA RUTIN ATAU BERKALA AGAR TIDAK MUDAH LAPUK


4.   PINTU, JENDELA, KUSEN DAN ASESORIESNYA
a)   PINTU, JENDELA, KUSEN DAN AKSESORIES YANG ASLI HARUS DIPERTAHANKAN
b)   JIKA ASEKSORIES YANG LAMA HILANG DAPAT MENGGANTI DENGAN REPLIKA YANG SAMA
c)   UNTUK ALASAN KEAMANAN DAN KENYAMANAN, MAKA ENGSEL, PEGANGAN PINTU/JENDELA, SISTEM KUNCI DAN AKSESORIS LAINNYA DAPAT DIGANTI DENGAN YANG BARU, SEJAUH KARAKTERNYA MASIH SESUAI DENGAN KARAKTER BANGUNAN SEUTUHNYA.
d)   WARNA PINTU, JENDELA, KUSEN DIUPAYAKAN SESUAI WARNA ASLINYA

5.   ORNAMEN
a)   ORNAMEN BANGUNAN HARUS DIPERTAHANKAN SEMAKSIMAL MUNGKIN (BENTUK, UKURAN, BAHAN, WARNA)
b)   JIKA TERDAPAT ORNAMEN BANGUNAN YANG HILANG ATAU RUSAK, HARUS DIPERBAIKI DAN ATAU DIGANTI DENGAN BAHAN, BENTUK, DIMENSI DAN WARNA YANG SAMA DENGAN YANG ASLI
c)   JIKA BAHAN YANG SAMA SULIT DIDAPAT MAKA DAPAT DIGUNAKAN BAHAN YANG BARU DENGAN WARNA, BENTUK, DIMENSI YANG SAMA DENGAN ASLINYA



6.   MEKANIKAL/ELEKTRIKAL/PLUMBING/SISTEM PENCEGAH KEBAKARAN
a)   DILETAKKAN SEDEMIKIAN SEHINGGA TIDAK MERUSAK KEINDAHAN DAN KEKUATAN  BANGUNAN
b)   PERLETAKAN SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA MUDAH DALAM PERAWATANNYA

7.   FURNITURE
a)   PERABOT BERSEJARAHDIPERTAHANKAN DAN DILETAKKAN DI LOKASI YANG SEBENARNYA
b)   PERABOT BARU HARUS SERASI DARI ASPEK GAYA, SEKUALITAS DENGAN
KARAKTER BANGUNAN LAMA.






III.  KONSERVASI AIR DAN ENERGI

1.                          AREA TERBUKA HIJAU BANYAK AREA RESAPAN AIR
2.                          ELEMEN LANSEKAP LUNAK (SOFTSCAPE) (BERUPA RUMPUT, SEMAK DAN POHON HENDAKNYA YANG TIDAK BANYAK MEMERLUKAN AIR UNTUK PEMELIHARAANNYA.
3.                          AIR KOTOR DARI BANGUNAN TIDAK DIBUANG KE SALURAN RIOL KOTA,
NAMUN DIBUANG DI SUMUR RESAPAN
4.                          BANGUNAN HARUS SEMAKSIMAL MUNGKIN MEMANFAATKAN VENTILASI DAN PENCAHAYAAN ALAMI
5.                          HINDARI ELEMEN-ELEMEN YANG MENGHALANGI HAWA DAN CAHAYA ALAM MASUK KE BANGUNAN
6.                          HINDARI PENGGUNAAN ENERGI YANG BOROS LISTRIK


IV.  PELAKU PELESTARIAN
1.                          ARSITEK SEBAGAI TEAM LEADER (MEMILIKI SERTFIKAT KEAHLIAN ARSITEK ATAU ARSITEK PELESTARIAN)
2.                          SEJARAWAN YANG MENGUASAI SEJARAH ARSITEKTUR
3.                          ARKEOLOG YANG AHLI DALAM BIDANG PELESTARIAN BANGUNAN
4.                          AHLI TEKNIK (AHLI SIPIL BANGUNAN, MEKANIKAL DAN ELEKTRIKAL, PLAMBING, TEKNIK PENYEHATAN DAN AHLI TEKNIK LAINNYA SESUAI KEBUTUHAN
5.                          ARSITEK LANDSEKAP AHLI DIBIDANG PENATAAN LAHAN, PENGHIJAUAN, PERKERASAN, TANAMAN BERSEJARAH, SERTA TEKNIK-TEKNIK KONSTRUKSI LANSEKAP YANG SESUAI DENGAN PELESTARIAN BANGUNAN LAMA.
6.                          KONSERVATOR YAITU SEORANG ARSITEK ATAU ARKEOLOG YANG KHUSUS MENANGANI TEKNIK-TEKNIK PERAWATAN BAHAN KONSTRUKSI, SERTA MEMILIKI PENGETAHUAN LUAS MENGENAI KERUSAKAN BANGUNAN BERSEJARAH DAN PEMULIHANNYA.
7.                          SPESIALIS DESAINER INTERIOR BANGUNAN BERSEJARAH (SEJARAH PERABOT,
PENERANGAN/ILUMINASI, FINISHING DAN DEKORASI INTERIOR
8.                          KONTRAKTOR YANG AHLI DALAM BIDANG METODE KONSTRUKSI, BAHAN BANGUNAN KONSERVASI SERTA MEMPUNYAI TUKANG DAN MANDOR YANG BERPENGALAMAN MENANGANI BANGUNAN TUA.
9.                          AHLI GREEN BUILDING

10.             AHLI AKSESBILITAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar